Selasa, 03 Desember 2013

BAUMATA, The Little Oasis


sumber mata air desa Baumata
 
Baumata sebenarnya adalah nama sebuah desa di kabupaten Kupang. Jaraknya sekitar 45 menit dari kota kupang. Baumata terkenal dengan sumber airnya yang melimpah ruah, tidak pernah habis dan bening sekali. Bahkan, selokan di depan rumah pun bisa dibuat mandi saking beningnya. Sumber mata air Baumata juga menjadi sumber mata air salah satu air isi ulang terkemuka di kota Kupang.
Tempat wisata yang terkenal di desa ini adalah kolam renang Baumata, karena kolamnya menggunakan air alami dari sumber dan tidak ditambahkan kaporit, selain segar airnya juga dingin sekali... brrrr
berbagi cerita dengan para pemuda baumata *ternyata diam-diam mereka memotret saya, hehe

Saya tertarik untuk jalan-jalan ke sana dan ingin melihat sumber air ini sebenarnya berasal dari mana. Setibanya disana saya bercakap-cakap dengan pemuda desa yang menjaga kolam renang. Mereka menjelaskan kalau karang taruna di sini aktif bergantian untuk memelihara dan menjaga kolam. Air yang melimpah ruah itu sebenarnya berasal dari mata air yang ada di belakang kolam, di sana juga ada hutan lindung yang terdapat goa tempat bersumbernya air yang paling utama. Sayang sekali ketika saya kesana, hutan tersebut tidak bisa di kunjungi karena sudah di tutup untuk umum. Akan tetapi saya beruntung berkenalan dengan para pemuda desa yang baik hati tersebut karena mereka mengajak saya melihat sumber air yang ada di belakang kolam. Sejak banyaknya warga dari luar desa yang datang mengambil air terlalu banyak dan bahkan kadang mengotori sumber air tanpa bertanggung jawab, kawasan sumber air ini di tutup untuk umum, dan hanya boleh dimasuki warga desa Baumata saja. Waw, betapa beruntungnya saya :)
mandi segarrr
 Sumber mata air baumata memang bening sekali, dan dingin. Banyak warga sekitar yang memanfaatkan untuk mandi, mencuci dan mengambil air. Desa ini tidak pernah mengalami kekeringan sama sekali, bahkan PDAM kota kupang banyak mengambil air dari daerah ini untuk dialirkan ke saluran-saluran air di kota Kupang. Tak heran pula kalau di daerah ini juga banyak sawah, karena debit air yang tidak pernah kekurangan. Tanaman, dan buah-buahan banyak tumbuh subur di desa ini, bahkan banyak orang yang menjual buah-buahan dan sayur mayur di pinggir jalan, sekali berenang bisa tuh kita belanja karena semuanya masih fresh dari ladangnya :)
mendekati senja di desa baumata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar